ANALISIS PERILAKU PETUGAS KESEHATAN (TIM PKRS) DALAM MELAKUKAN PROMOSI KESEHATAN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III BANJARMASIN TAHUN 2022

Hikmah, Nurul (2023) ANALISIS PERILAKU PETUGAS KESEHATAN (TIM PKRS) DALAM MELAKUKAN PROMOSI KESEHATAN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK NURUL HIKMAH.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)

Abstract

Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah upaya rumah sakit untuk memberdayakan pasien dan kelompok masyarakat agar pasien dapat secara mandiri mempercepat pemulihannya. Pentingnya promosi kesehatan rumah sakit karena efektivitas suatu pengobatan, selain dipengaruhi oleh pola pelayanan kesehatan yang ada, sikap dan pola hidup pasien serta keluarganya agar semakin tingginya kesadaran yang menciptakan peningkatan derajat kesehatan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku, permasalahan, tanggapan dan kualitas tim PKRS dalam melaksanakan promosi kesehatan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif jenis Fenomenologi yang bersifat In-Depth Interview. Hasil penelitian ini adalah tim PKRS belum mengetahui secara jelas mengenai standar PKRS, standar tersebut juga tidak semuanya terpenuhi. PKRS sudah sejak lama memiliki bidang PKRS tetapi tidak berjalan sesuai yang direncanakan, pelaksanaan program kerja berdasarkan minat dan kesempatan yang dimiliki anggota, belum memiliki sumber daya manusia (SDM) khusus yang menangani bidang PKRS, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya pendanaan dan semua anggota PKRS pekerja di bidang yang lain sehingga kegiatan tidak terorganisir dengan baik. PKRS belum mendapat hasil yang diharapkan sehingga dapat dikatakan kualitasnya masih kurang. Saran dan harapan PKRS memiliki dana khusus tersendiri, memiliki tim Khusus yang tidak merangkap jabatan, memiliki sarana prasarana lengkap, rutinnya kegiatan dan tentunya bisa bertambah solid antara sesama tim PKRS. Kata Kunci: Perilaku, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Referensi: 39 (1991-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 07 Jan 2023 01:46
Last Modified: 07 Jan 2023 01:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item