UPAYA GURU KELAS DALAM MENERAPKAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 9 BANJARMASIN.

Fitriana, Khairatun (2023) UPAYA GURU KELAS DALAM MENERAPKAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 9 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Dokumen 15.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Dokumen 13.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5 ARTIKEL KHAIRATUN(1)_removed.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru kelas dalam menerapkan bmbingan dan konseling untuk menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru kelas dalam menerapkan bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek kepala sekolah, wakakurikulum, dan walikelas. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksidata, display,dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru kelas dalam menerapkan bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin di lakukan melalui peraturan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas yang telah dibuat bersama-sama. Faktor pendukung upaya guru kelas dalam menerapkan bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin yaitu: 1)sikap siswa yang mau terbuka terhadap nasehat guru dan adanya ketegasan sikap guru dalam menjalankan tata tertib sekolah dan peraturan sekolah, 2) terlibatnya kerjasama yang baik antara orang tua siswa dan wali kelas.Faktor penghambat upaya guru kelas dalam menerapkan bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin yaitu: 1) adanya peserta didik yang melanggar tata tertib sekoah, 2) adanya kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, kedipsiplinan belajar peserta didik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Khairatun Fitriana
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:08
Last Modified: 09 Jan 2023 02:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item View Item