PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIL DENGAN LIMBAH IKAN TERFERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK TELUR ITIK ALABIO

Nur, Syahrian (2023) PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIL DENGAN LIMBAH IKAN TERFERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK TELUR ITIK ALABIO. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Rian Pengesahann.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Rian Plagiasi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Artikel Ranur_removed.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penggunaan limbah ikan fermentasi untuk campuran pakan itik akan mempengaruhi kualitas organoleptik telur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik organoleptik telur itik yang diberi kombinasi pakan komersil dengan limbah ikan terfermentasi. Penelitian menggunakan 100 ekor itik alabio umur 8 bulan yang ditempatkan pada kandang postal. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Setiap ulangan diambil sampel telur untuk diuji panelis. Panelis yang digunakan sebanyak 32 panelis agak terlatih. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji Mann Whitney. Perlakuan yang dicobakan terdiri dari P0: Substitusi pakan komersil 0% dengan limbah ikan terfermentasi, P1: Substitusi pakan komersil 10% dengan limbah ikan terfermentasi, P2: Substitusi pakan komersil 20% dengan limbah ikan terfermentasi, P3: Substitusi pakan komersil 30% dengan limbah ikan terfermentasi, dan P4: Substitusi pakan komersil 40% dengan limbah ikan terfermentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh terhadap tekstur, warna, aroma, dan rasa telur rebus. Skor rata-rata tekstur putih telur berkisar 4,06 – 2,72, warna kuning telur berkisar 4,19 – 3,59, rata-rata aroma telur 4,16 – 3,44 dan ratarata rasa telur 4,06 – 3,66. Semakin tinggi level substitusi pakan komersil dengan limbah ikan terfermentasi menghasilkan tekstur yang tidak kenyal, yolk berwarna kuning, aroma amis, dan rasa enak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: limbah ikan terfermentas, telur itik, organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Syahrian Nur
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:00
Last Modified: 09 Jan 2023 06:00
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item