KOMUNIKASI KESEHATAN OLEH KONSELOR KEPADA ODHA DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING (VCT) RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA

rahmuji, rahmuji (2023) KOMUNIKASI KESEHATAN OLEH KONSELOR KEPADA ODHA DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING (VCT) RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA. Diploma thesis, Univesitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Dokumen 6.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Dokumen 5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Artikel Skripsi (1)_removed.pdf

Download (75kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan komunikasi kesehatan oleh konselor kepada ODHA dalam praktik konseling di Poliklinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) RSUD Ratu Zalecha Martapura. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti membangun gambaran yang menyeluruh, menganalisis kata-kata, melaporkan pandangan informan secara terperinci melalui proses wawancara mendalam kepada dua orang informan. Sampel ditentukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Analisis menurut Bogdan dan Biklen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pelaksanaan komunikasi kesehatan dilakukan secara tatap muka (face to face), tidak ada paksaan, konselor biasanya menggali mengenai latar belakang profil informan, hal tersebut dilakukan agar memudahkan konselor untuk memetakan masalah dan melakukan treatment plan (rencana perawatan) untuk ODHA. Sedangkan untuk tekniknya sendiri dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak konselor dan klien. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri dapat dilakukan secara fleksibel, dalam arti waktu bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kesehatan, konselor, ODHA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rahmuji
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:50
Last Modified: 09 Jan 2023 05:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item