Analisis Perilaku Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Pabrik Tahu Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2022

Firdaus, Muhammad Pandu Emier (2023) Analisis Perilaku Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Pabrik Tahu Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Artikel (1)_removed.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pada survey awal yang dilakukan pada tanggal 31 Januari 2022 pada pabrik tahu di wilayah kerja puskesmas sungai ulin kota banjarbaru memiliki total 35 pekerja. Dari 35 pekerja hampir semua pekerja yang ada disana masih belum menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan lengkap. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis perilaku dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja pabrik tahu di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika kolerasi antara factor-faktor risiko dengan efek. Hasil penelitian ada hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja pabrik tahu di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2022 p value 0,013, tidak ada hubungan antara sikap dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja pabrik tahu di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2022 p value 0,183, ada hubungan antara tindakan dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja pabrik tahu di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2022 p value 0,005. Saran diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan menambah variabel-variabel yang lebih banyak untuk mencari faktor lainnya yang dapat mempengaruhi atau memiliki hubungan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Pelindung Diri, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Muhammad Pandu Emier Firdaus
Date Deposited: 21 Jan 2023 01:35
Last Modified: 21 Jan 2023 01:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item