EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN NOMOR 125 TAHUN 2020 TENTANG PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DI SMAN 1 ALALAK KABUPATEN BATOLA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA SELAMA PANDEMI COVID-19

Setiawati, Setiawati (2023) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN NOMOR 125 TAHUN 2020 TENTANG PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DI SMAN 1 ALALAK KABUPATEN BATOLA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA SELAMA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pentingnya menjaga mutu pendidikan menjadi tantangan nyata di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Pemenuhan hak atas pendidikan sebagai hak primer harus diperhatikan, sehingga dengan meredanya penyebaran Covid-19 kegiatan belajar tatap muka dapat dibuka kembali dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan pendidik dan peserta didik. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun berdasarkan hasil pantauan Kemendikbud dan Kemendagri, masih banyak pelanggaran yang terjadi di sekolah, termasuk protokol kesehatan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan identifikasi dan analisis masalah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan disiplin serta penegakan hukum protokol kesehatan di SMAN 1 Alalak telah disertai dengan tindakan preventif sesuai kebutuhan, mulai dari pengajuan izin kegiatan di sekolah dengan memenuhi dosis program vaksinasi, melaksanakan pengurangan jumlah siswa 50% dengan sistem pembelajaran berskala sampai dengan penonaktifan kantin sekolah dengan kewajiban membawa perbekalan dari rumah. Adapun efektivitas Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 125 Tahun 2020 dinilai tidak efektif. Hal ini disebabkan tidak terpenuhinya sejumlah indikator yang mempengaruhi efektivitas suatu kaidah hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan Disiplin, Protokol Kesehatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Setiawati
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item