HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN PENGGUNAAN APD PADA PENGRAJIN BATU BATA INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU TAHUN 2022

Juwono, Susilo Teguh (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN PENGGUNAAN APD PADA PENGRAJIN BATU BATA INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
CamScanner 01-09-2023 16.41.pdf

Download (136kB)
[img] Text
CamScanner 01-09-2023 15.33.pdf

Download (175kB)
[img] Text
1 ARTIKEL TEGUH_removed.pdf

Download (134kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di Pengrajin Batu Bata terdapat pekerja yang tidak Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan juga tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) disaat bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pengrajin batu bata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik menggunakan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin pada Pengrajin Batu Bata, dengan populasi dan sampel 30 responden. Sebagian besar penggunaan APD tidak aman sebanyak 18 responden dengan persentase (60%). Sebagian besar pengrajin batu bata berpengetahuan baik sebanyak 17 responden dengan persentase (56,7%). Sebagian besar pengrajin batu bata memiliki sikap negatif 18 responden dengan persentase (60%). Pengrajin batu bata memiliki masa kerja lama ada 15 responden dengan persentase (50%), dan pengrajin batu bata memiliki masa kerja baru ada 15 responden dengan persentase (50%). Ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan APD dengan nilai p-value = 0,015 < α 0,05. Ada hubungan sikap dengan penggunaan APD dengan nilai p-value = 0,014 < α 0,05. Ada hubungan masa kerja dengan penggunaan APD dengan nilai p-value = 0,025 < α 0,05. Saran bagi Instansi sebagai bahan masukan dan informasi pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas tentang penerapan Alat Pelindung Diri (APD) pada pengrajin batu bata. Melakukan teguran dan sanksi yang tegas kepada pemilik usaha yang tidak menyediakan Alat Pelindung Diri (APD). Memberikan penyuluhan kepada para pekerja tentang pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) agar para pekerja sadar tentang penggunaannya secara baik dan benar. Saran bagi Pekerja Memberikan informasi dan sosialisasi kepada para pekerja pengrajin batu bata diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat sehingga dapat menerapkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, dan Masa Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Susilo Teguh Juwono
Date Deposited: 21 Jan 2023 01:33
Last Modified: 21 Jan 2023 01:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item