PENGARUH POSISI KERJA ERGONOMI TERHADAP LOW BACK PAIN (LBP) PADA KARYAWAN DI DINAS KESEHATAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Syaifuddin, Syaifuddin (2023) PENGARUH POSISI KERJA ERGONOMI TERHADAP LOW BACK PAIN (LBP) PADA KARYAWAN DI DINAS KESEHATAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (248kB)

Abstract

Posisi kerja yang tidak sesuai dengan standar ergonomi dapat menyebabkan pekerja merasakan Low Back Pain (LBP) atau nyeri punggung bawah, namun terkadang pekerja yang bekerja terlalu lama tanpa istirahat dan terlalu nyaman dalam posisi yang sebenarnya salah juga dapat membahayakan pekerja itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin di Bidang YanSDK dan Instalasi Farmasi dengan jumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 14 responden yang memiliki keluhan Low Back Pain (LBP) ringan diantaranya posisi kerja resiko rendah sebanyak 5 responden, posisi kerja resiko menengah sebanyak 7 responden, posisi kerja resiko tinggi sebanyak 2 responden sedangkan 26 responden yang memiliki keluhan Low Back Pain (LBP) sedang diantaranya posisi kerja resiko rendah tidak ada, posisi kerja resiko menengah sebanyak 12 responden, posisi kerja resiko tinggi sebanyak 14 responden. Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukan bahwa ada pengaruh antara posisi duduk dengan low back pain (LBP) pada karyawan di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Dengan perolehan nilai p. value = 0,001 < α 0,05. Peneliti menyarankan untuk pihak Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin memberikan sosialisasi ergonomi kerja kepada seluruh karyawan, agar seluruh karyawan mendapatkan pengetahuan tentang ergonomi kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Posisi Duduk;Ergonomi;Low Back Pain
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Syaifuddin Syaifuddin
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:07
Last Modified: 10 Jan 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item