KONTRIBUSI USAHATANI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacg.) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA KOLAM MAKMUR KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA

Melliana, Tanti (2023) KONTRIBUSI USAHATANI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacg.) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA KOLAM MAKMUR KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Tanti Melliana.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Tanti.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Pernyataan tidak plagiat Tanti.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknis pemeliharaan kelapa sawit, total biaya, penerimaan, pendapatan dan kontribusi usahatani kelapa sawit terhadap pendapatan rumah tangga di Desa Kolam Makmur Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Metode yang digunakan ialah survei dan penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling terhadap 30 petani kelapa sawit dengan kriteria petani aktif, luas lahan petani 2-3 Ha, umur tanaman kelapa sawit 10-15 tahun serta kepemilikan lahan yang digunakan milik sendiri (bukan plasma). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik pemeliharaan kelapa sawit terdiri dari pemumpukan, pengendalian gulma, dan pruning. Pemupukan dilakukan tiga kali dalam satu tahun dengan dosis 1 kg per pupuk per pokok, teknis pemberian dengan cara di tabur. Pengendalian gulma dilakukan dengan cara penyemprotan, penyemprotan menggunakan herbisida dilakukan 2-3 kali dalam setahun. Pruning yaitu pembersihan daun tua dan pelepah yang sudah tidak produktif, pruning dilakukan dua kali dalam satu tahun. Rata-rata biaya total yang dikeluarkan oleh petani adalah sebesar Rp. 124.709.929/Tahun, penerimaan sebesar Rp. 274.897.000/Tahun, pendapatan sebesar Rp. 231.286.737/Tahun. Kontribusi dari usahatani kelapa sawit terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 93% dan berada dalam kategori tinggi, berarti usahatani kelapa sawit sudah mampu menopang pemenuhan kebutuhan keluarga petani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Pendapatan, Usahatani Kelapa Sawit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Tanti Melliana
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:13
Last Modified: 12 Jan 2023 03:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item