PERAN LEMBAGA PELATIHAN KERJA DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN DAN MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA STUDI KASUS BALAI LATIHAN KERJA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Kurniawan, Dicky (2023) PERAN LEMBAGA PELATIHAN KERJA DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN DAN MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA STUDI KASUS BALAI LATIHAN KERJA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (310kB)

Abstract

Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa angka Pengangguran pada Februari 2020 yaitu 3,67% mengalami peningkatan pada Agustus 2020 yaitu 4,74% kemudian mengalami penurunan pada Februari 2021 dengan angka 4,33% dan mengalami peningkatan lagi pada Agustus 2021 menyentuh angka 4,95%. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah pembentukan Balai Latihan Kerja untuk melatih masyarakat tenaga kerja untuk dilatih keterampilan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tingginya angka pengangguran di Provinsi Kalimantan Selatan terdapat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja namun tidak mampu terserap oleh pekerja lokal karena tidak memiliki keahlian dan rendahnya keterampilan yang dimiliki pencari kerja. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lembaga pelatihan kerja dalam mengurangi pengangguran dan meningkatkan kualitas tenaga kerja. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi 112 orang dan 88 sampel, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menujukkan bahwa lembaga pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap meningkatkan kualitas tenaga kerja secara parsial, kemudian lembaga pelatihan kerja dan meningkatkan kualitas tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap mengurangi pengangguran secara simultan sesuai dengan konsep sumber daya insani dan lembaga pelatihan kerja berpengaruh secara langsung secara parsial terhadap mengurangi pengangguran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pelatihan Kerja, Kualitas Tenaga Kerja, Mengurangi Pengangguran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Dicky Kurniawan
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:31
Last Modified: 20 Jan 2023 02:31
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item