ANALISIS PENGETAHUAN DAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERKEBUNAN KARET DI DESA TINGGIRAN DARAT KECAMATAN MEKARSARI KABUPATEN BARITO KUALA

Hayati, Hayati (2023) ANALISIS PENGETAHUAN DAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERKEBUNAN KARET DI DESA TINGGIRAN DARAT KECAMATAN MEKARSARI KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Hayati.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (151kB)

Abstract

Dalam Islam, zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan, seperti halnya zakat pada perkebunan karet. Saat menunaikan zakat di perkebunan karet, masyarakat perlu memahami bagaimana zakat dilakukan menurut syariat Islam. Selain memahami ilmu zakat, orang harus mengembangkan dalam diri mereka rasa kewajiban untuk menunaikannya. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat erat kaitannya dengan pemahaman mereka tentang zakat. Dalam merumuskan permasalahan yang diangkat mengenai persepsi masyarakat terhadap pembayaran Zakat kepada perkebunan karet dan pembayaran Zakat kepada perkebunan karet di Desa Tinggiran Darat Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan persepsi masyarakat tentang pembayaran zakat pada perkebunan karet di Desa Tinggiran Darat Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Metodologi penelitian yang ditempuh penulis adalah dengan jenis penelitian lapangan dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang zakat perkebunan karet sangat kurang, namun masih banyak pengetahuan tentang zakat perkebunan karet yang belum diketahui masyarakat. Hukum Zakat Perkebunan, Ketentuan Zakat, dan Perhitungan Zakat Perkebunan Karet. Kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan zakat di perkebunan karet sangat rendah karena tidak ada pihak yang memberikan pengetahuan, informasi dan bimbingan tentang cara membayar zakat di perkebunan karet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kesadaran Masyarakat, Zakat Perkebunan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Hayati
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:18
Last Modified: 16 Jan 2023 03:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item