Analisi Yuridis Perceraian Karena Kekerasan Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

lailan sufina, nur (2023) Analisi Yuridis Perceraian Karena Kekerasan Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (154kB)
[img] Text
PDF Abstrak.pdf

Download (856kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pihak melakukan kekerasan dalam rumah tangga , proses penyelesaian di Pengadilan serta bagaimana upaya yang mesti dilakukan agar kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga yang menyebabkan perceraian tidak terjadi dalam masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa faktor-faktor yang dapat memicu salah satu pihak melakukan kekerasan dalam rumah tangga adalah faktor ekonomi, Agama, perselingkuhan, pendidikan yang rendah, cemburu dan bisa juga disebabkan adanya salah satu orang tua dari kedua belah pihak yang ikut ambil andil dalam sebuah rumah tangga. Bentuk kekerasan yang dilakukan bisa berbentuk kekerasan fisik,psikis, seksual dan penelantaran rumah tangga. Sebagai kelanjutannya, agar tidak terjadi tindak kekerasan dalam rumah tangga yang harus dilakukan oleh Pemerintah dan Pengadilan Agama ialah kembali kepada asas mempermudah perkawinan dan mempersulit alasan-alasan perceraian dengan menggali penyebab-penyebab terjadinya percekcokan, sehingga diketahui bahwa pernikahan tersebut tidak dapat diselamatkan kecuali dengan jalan Perceraian. Perceraian ialah suatu putusnya ikatan perkawinan antara kedua belah pihak yaitu suami istri karena terjadinya suatu ketidakharmonisan hubungan keluarga yang retak atas dasar dari sebuah faktor internal atau faktor eksternal yang terjadi. This study aims to determine the factors that cause parties to commit domestic violence, the settlement process ini court and how efforts must be made so that cases of domestic violence that cause divorce do not occur in society. The result showed that the factors that could trigger one party to commit domestic violence were economic factors, religion, infidelity, low education, jealousy and could also be caused by the presense of one parent from both parties who participated in domestic violence. A household. The forms of violence committed can be in the form of physical, psychological, sexual violence and neglect of household. As a continuation, iin order to avoid acts of domestic violence that must be carried out by the government and religious courts, then return to the principle of facilitating marriage and complicating the reasons for divorce by tracing the causes of disputes, so that it’s known that marriage cannot be saved except by divorce. Divorce is a break in the marital bond between the two parties, namely husband and wife due to the occurrence of a fractured family relationship disharmony on the basis of an internal factor or an external factor that occurs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Perceraian
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nur Lailan Sufina
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:13
Last Modified: 11 Jan 2023 01:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item