ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA TAHAP ANGKUT BATUBARA DI PT BINUANG MITRA BERSAMA BLOK DUA KABUPATEN TAPIN

Putra, Aditya Darma (2023) ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA TAHAP ANGKUT BATUBARA DI PT BINUANG MITRA BERSAMA BLOK DUA KABUPATEN TAPIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
4. Abstrak Artikel (1).pdf

Download (124kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Penulisan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
IMG-20230110-WA0030.pdf

Download (37kB)

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan yaitu segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi pekerja tambang agar selamat dan sehat melalui upaya pengelolaan keselamatan kerja. Salah satu bentuk upaya mengelola keselamatan itu yaitu dengan menggunakan metode Hazzard Identification, Risk Assessment, And Risk Control (HIRARC) yang merupakan salah satu metode manajemen risiko yang digunakan untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja. Proses HIRARC dimulai dari mengidentifikasi risiko selanjutnya penilaian risiko dan yang terakhir yaitu pengendalian risiko. PT. Binuang Mitra Bersama Blok Dua merupaka salah satu perusahaan yang bergerak di Industri pertambangan batubara. proses yang paling penting dalam industri batubara yaitu proses pengangkutan batubara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi lapangan, dan analisis dokumen milik PT BMBBD Kabupaten Tapin. Dari hasil identifikasi bahaya pada proses pengangkutan batubara ditemukan 8 potensi bahaya yang berasal dari sumber bahaya yang berbeda dimulai dari manusia, material, dan mesin atau alat. Dari penilaian tingkat di dapatkan tingkat risiko bahaya rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. dan pengendalian yang dilakukan berdasarkan hirarki pengandalian risiko yaitu administrasi dan APD. Saran dari penelitian ini yaitu inspeksi dan maintenance jalur pengangkutan terjadwal, inspeksi unit DT milik kontraktor, penambahan rambu-rambu keselamatan, inspeksi fatigue, program pesan berantai, dan pelatihan manajemen fatigue.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, HIRARC, Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, Pengendalian Risiko.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Aditya Darma Putra
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:19
Last Modified: 11 Jan 2023 03:19
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item