HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KELAS III DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2022

Martino, Erna Cindy (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KELAS III DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (82kB)

Abstract

Kepuasan pasien dalam penelitian ini diungkapkan pasien melalui survey. Pasien menilai baik proses pendaftaran, pertolongan pertama hingga perawatan sampai pasien sembuh. Kepuasan pasien ini dapat dipengaruhi oleh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang ada di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS kelas III di RSD Idaman Kota Banjarbaru tahun 2022. Metode penelitian menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap peserta BPJS Kelas III yang dirawat pada bulan Mei-Juni 2022 yang berjumlah 312 pasien dengan sampel sebanyak 76 pasien. Pengambilan sampel dengan teknik Accidental Sampling. Menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara. Hasil analisis univariat menunjukkan 73 (96.1%) pasien menyatakakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan. Analisis bivariat menunjukan tidak ada hubungan dimensi bukti fisik (p value = 0,152), dimensi keandalan (p value = 0,115) dengan kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS kelas III di RSD Idaman Kota Banjarbaru Tahun 2022. Ada hubungan dimensi daya tanggap (p value = 0,006), dimensi jaminan (p value = 0,001) dan dimensi empati (p value = 0,78) dengan kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS kelas III di RSD Idaman Kota Banjarbaru Tahun 2022. Saran untuk rumah sakit agar meningkatkan perbaikan ruang tunggu keluarga pasien dan menjalin komunikasi yang baik dengan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien, Pelayanan, Kualitas BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Erna Cindy Martino
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:32
Last Modified: 13 Jan 2023 02:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14532

Actions (login required)

View Item View Item