KOMUNIKASI KEARIFAN LOKAL “BAPINTA BANYU” SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN PERSALINAN MASYARAKAT SUKU BANJAR (Studi Kualitatif Di Desa Galam Kabupaten Tanah Laut)

Ulfah, Yusrina (2023) KOMUNIKASI KEARIFAN LOKAL “BAPINTA BANYU” SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN PERSALINAN MASYARAKAT SUKU BANJAR (Studi Kualitatif Di Desa Galam Kabupaten Tanah Laut). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (657kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (951kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (413kB)

Abstract

Salah satu penyebab meningkatnya persentase kematian ibu hamil adalah permasalahan persalinan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam melakukan kontrol kehamilan pada pelayanan kesehatan secara rutin. Masyarakat yang memiliki ketidakmampuan dalam ekonomi maupun dengan jarak yang jauh dari fasilitas kesehatan atau memiliki ketakutan khusus terhadap medis, mereka cenderung memilih pengobatan alternatif sebagai pilihannya. Salah satu pengobatan yang terkenal di Suku Banjar adalah batatamba yang dilakukan dengan bapinta banyu dari orang yang dituakan/orang alim ulama/orang yang memiliki juriyat tertentu dalam bidang spiritual.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi pemaknaan dan proses ritual bapinta banyu di masyarakat Suku Banjar serta peran tradisi bapinta banyu yang menjadi media alternatif dalam permasalahan persalinan dimasyarakat Suku Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang ada di Desa Galam memaknai tradisi bapinta banyu sebagai cara pengobatan untuk permasalahan persalinannya. Tradisi ini dijalani ibu hamil dengan meminta air doa kepada pananamba, yang salah satunya adalah orang yang memiliki keahlian secara turun temurun. Mereka meyakini bahwa air yang dibacakan doa dari tradisi tersebut merupakan usaha pengobatan dan media alternatif bagi ibu hamil yang memiliki ketakutan terhadap medis dalam menghadapi masalah persalinan yang dialaminya. Kesimpulan dari penelitian adalah masyarakat suku Banjar mempercayai bahwa tradisi bapinta banyu adalah sebagai salah satu obat untuk melancarkan proses persalinan bagi ibu hamil. Proses komunikasi ritual bapinta banyu adalah dengan meminta air kepada pananamba dan dinilai mampu menjadi media alternatif di masyarakat Suku Banjar yang mengalami permasalahan persalinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kearifan Lokal, Bapinta Banyu, Permasalahan Persalinan, Suku Banjar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: Yusrina Ulfah
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:07
Last Modified: 01 Mar 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item View Item