ANALISIS MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PEMALSUAN DATA PADA KLAIM NASABAH YANG MENINGGAL DUNIA (Studi Kasus PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin)

Fajrina, Heni (2023) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PEMALSUAN DATA PADA KLAIM NASABAH YANG MENINGGAL DUNIA (Studi Kasus PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Abstrak Heni Fajrina_removed.pdf

Download (81kB)

Abstract

Pemalsuan data merupakan kecurangan dalam tindakan berlawanan dengan kebenaran dan sengaja dilakukan demi mendapat sejumlah keuntungan yang bukan merupakan hak oknum sehingga merugikan peserta Asuransi dan Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen risiko PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin terhadap pemalsuan data pada klaim nasabah akibat meninggal dunia. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi yang meninjau langsung ke lokasi penelitian, wawancara triangulasi kepada informan pimpinan dan karyawan, serta dokumentasi dengan data-data yang diberikan PT. Asuransi Askrida Syariah. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis yaitu bahwa Manajemen risiko sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hasil penelitian ini adalah manajemen risiko memiliki peran yang sangat penting pada PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin yaitu sebagai fungsi keamanan dan pelindung perusahaan. Manajemen risiko di PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin dilakukan dengan 3 tahapan yaitu identifikasi risiko yang dilakukan sejak awal pengajuan SPKAPP (Surat Pernyataan Kesehatan Asuransi Proteksi Pembiayaan) kemudian melakukan evaluasi risiko dengan dilakukan secara probalitas subyektif risk agent oleh staff teknik klaim dan pengendalian risiko menggunakan syarat batalnya klaim agar peserta berperilaku lebih jujur dalam mengisi data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proteksi Pembiayaan, Pemalsuan Data, Manajemen Risiko.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Heni Fajrina
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:57
Last Modified: 13 Jan 2023 01:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item