ANALISIS PERENCANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT. ASURANSI ASKRIDA SYARIAH KANTOR PEMASAR BANJARMASIN

Husna, Nadiatul (2023) ANALISIS PERENCANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT. ASURANSI ASKRIDA SYARIAH KANTOR PEMASAR BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (105kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Kas adalah aspek terpenting dalam transaksi perusahaan, menuntut perusahaan untuk menerapkan sistem informasi akuntansi kas yang handal untuk mengatur penerimaan dan pengeluaran kas dalam setiap arus transaksi, yang berhubungan dengan kas dapat dicatat dengan baik. Sebagai alat pembayaran yang likuid, uang tunai harus dikelola dengan baik agar tidak terjadi kecurangan dan penyimpangan. Penelitian ini mengusulkan suatu perencanaan sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin. Dalam penelitian kualitatif ini, data dikumpul melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan PT. Asuransi Askrida Syariah Kantor Pemasar Banjarmasin menggunakan aplikasi Care untuk memberikan laporan penerimaan dan pengeluaran kas. Namun aplikasi tersebut tidak memberikan informasi laporan keuangan sehingga pembuatan laporan keuangan membutuhkan waktu. Penerimaan dan pengeluaran kas di PT. Asuransi Askrida Syariah dinilai belum sepenuhnya efektif karena divisi keuangan masih melakukan tugas rangkap dalam menangani transaksi terkait kas dan tugas pencatatan yang dianggap belum efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Sistem Informasi Akuntansi, Asuransi Syariah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Nadiatul Husna
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:00
Last Modified: 13 Jan 2023 02:00
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14607

Actions (login required)

View Item View Item