PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SANTRIWATI MELALUI ASRAMA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN AL-ANSAHARI BANJARMASIN

Muhibbah, Hayatul (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SANTRIWATI MELALUI ASRAMA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN AL-ANSAHARI BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK ARTIKEL HAYATUL (Autosaved).pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lembar keaslian skripsi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pembentukan Karakter Mandiri Santriwati melalui Asrama pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al-Ansahari Banjarmasin serta mendiskripsikan faktor yang mempengaruhi Pembentukan Karakter Mandiri Santriwati melalui Asrama pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al-Ansahari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan objek pengasuh Pondok, ustadzah, kaka asrama dan santriwati. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembentukan Karakter Mandiri Santriwati melalui Asrama pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al-Ansahari Banjarmasin dengan cara: 1) Pemberian Contoh, 2) Pembiasaan, 3) Nasihat, 4) Hukuman, 5) Hadiah. Faktor yang memperngaruhi Pembentukan Karakter Mandiri Santriwati melalui Asrama pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al-Ansahari Banjarmasin yaitu lingkungan yang menjadi fakrot pendukung yang dimana santriwati menjalankan kehidupan sehari-hari, santriwati menjadi faktor pendukung dan penghambat karena adanya santriwati yang taat peraturan dan santriwati yang susah diatur dan adanya dukungan orang tua santriwati dan ada juga tidak ada dukungan dari orang tua sehingga menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter mandiri santriwati melalui asrama di Pondok Pesantren Al-Anshari Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, karakter, mandiri, santriwati, pondok pesantren
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Hayatul Muhibbah
Date Deposited: 14 Jan 2023 01:45
Last Modified: 14 Jan 2023 01:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item