FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGELOLAAN LIMBAH PADAT INFEKSIUS COVID 19 DI TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA (TPS) RSUD DR.H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS

Astuti, Linda (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGELOLAAN LIMBAH PADAT INFEKSIUS COVID 19 DI TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA (TPS) RSUD DR.H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (311kB)

Abstract

Dalam rangka pengendalian penularan Covid 19 dan menghindari terjadinya kasus penumpukan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) maka diperlukan pengelolaan limbah infeksius pada penanganan Covid 19. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan pengelolaan limbah padat infeksius Covid 19 di tempat penampungan sementara (TPS) RSUD DR.H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan metode survei analitik secara kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang, terdiri dari perawat yang bertugas diruang rawat inap, sanitarian dan Cleaning Service. Metode analisis data menggunakan SPSS 24. Uji menggunakan uji Chi Square. hasil penelitian terhadap responden menunjukan bahwa pengetahuan dengan kategori cukup dan kurang diperoleh hasil p-value = 0,033 (p < 0,05), sikap negatif diperoleh hasil p-value = 0,002 (p < 0,05), dan sarana prasarana dengan kategori tidak baik diperoleh hasil p-value = 0,000 (p < 0,05), sehingga ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan sarana prasarana dengan pengelolaan limbah limbah medis padat infeksius Covid 19 di tempat penampungan sementara (TPS) RSUD DR.H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Tahun 2022. Saran bagi rumah sakit agar dapat memberikan peningkatan kegiatan pelatihan dan sosialisasi kepada petugas pengelola serta menyediakan usulan dana operasional untuk sarana prasarana penunjang yang memadai sehingga kegiatan pengelolaan limbah medis mampu terlaksana sesuai standar aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Limbah Medis Padat Infeksius Covid 19, Pengetahuan, Sikap, Sarana Prasarana
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Linda Astuti
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:49
Last Modified: 15 Mar 2023 02:49
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item