EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PRODUK JAMU JAHE MERAH (Studi Kasus Di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut)

Assauri, Muhammad Sofyan (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PRODUK JAMU JAHE MERAH (Studi Kasus Di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (126kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Rumusan masalah adalah Bagaimana Efektivitas Penggunaan Dana Badan Usaha Milik Desa pada BUMDes Maju Bersama dalam meningkatkan kesejahteraan melalui Produk jamu. Tujuan penelitian adalah mengetahui Efektivitas Penggunaan Dana Badan Usaha Milik Desa pada BUMDes Maju Bersama dalam meningkatkan kesejahteraan melalui Produk jamu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data adalah Kepala Desa, Direktur BUMDes, Kepala Unit Usaha BUMDes, Pembina BYHAF dan 5 Masyarakat yang terlibat dalam produksi jamu jahe merah. efektivitas penggunaan dana BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat cukup berhasil dicapai sesuai tujuan BUMDes itu sendiri. Perkembangan unit usaha jamu jahe merah yang didukung oleh dana desa mampu memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat baik itu menciptakan lapangan pekerjaan maupun meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika dilihat dari segi indikator tingkat kesejahteraan masyarakat, penggunaan dana BUMDes pada Desa Tirta Jaya belum dapat memberikan manfaat yang merata bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan kurang nya sosialisasi program BUMDes dan juga perlu adanya penambahan unit usaha serta pengembangan dan inovasi unit usaha yang sudah ada agar BUMDes tersebut semakin luas dan dikenal masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Dana; BUMDes; Kesejahteraan Masyarakat; Jahe Merah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Muhammad Sofyan Assauri
Date Deposited: 23 May 2023 02:36
Last Modified: 23 May 2023 02:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14721

Actions (login required)

View Item View Item