PRAKTIK JUAL BELI BUAH MENGGUNAKAN MARKETING PRANK DITINJAU DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI DI PASAR SENTRA ANTASARI BANJARMASIN

Mariyana, Mariyana (2023) PRAKTIK JUAL BELI BUAH MENGGUNAKAN MARKETING PRANK DITINJAU DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI DI PASAR SENTRA ANTASARI BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL MARIYANA fix..pdf

Download (19kB)
[img] Text
Keaslian skripsi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (85kB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu aktivitas bisnis yang sudah berlangsung cukup lama dalam masyarakat. Namun demikian, tidak ada catatan yang pasti kapan awal mulanya aktivitas bisnis secara formal. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana gambaran praktik jual beli dan tinjauan etika bisnis Islam terhadap para pedagang buah yang ada di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran praktik jual beli dan penerapan etika bisnis islam di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari kepala dinas pengelolaan Pasar dan lima orang pedagang buah di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap pedagang buah di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, bahwasannya pedagang buah di Pasar tersebut ada yang melakukan praktik jual beli secara jujur dan ada yang melakukan praktik jual beli menggunakan marketing prank, namun hanya sedikit pedagang yang melakukan praktik jual beli marketing prank. Dan dari hasil wawancara dengan informan yang dilakukan penulis, bahwasannya pedagang buah di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin menerapkan etika dalam berbisnis yakni dengan melakukan jual beli barang yang halal, tidak melakukan sumpah palsu dan yang terakhir ramah terhadap pelanggan, namun dibalik semua itu ada sebagian pedagang buah yang tidak mengetahui etika bisnis dan tidak menjalankan etika dalam berbisnis yakni dengan tidak berkata jujur bagaimana kondisi buah dan rasa buah yang dijualnya. Kata Kunci: Etika Bisnis, Jual Beli, Marketing Prank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis, Jual Beli, Marketing Prank.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mariyana
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:25
Last Modified: 26 Jan 2023 02:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item