IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN / KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (STUDI KASUS PENGELOLAAN PERSAMPAHAN KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN).

Aldianor, Aldianor (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN / KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (STUDI KASUS PENGELOLAAN PERSAMPAHAN KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (378kB)

Abstract

Tujuan kajian dalam penelitian ini yaitu untuk memenuhi Perda Kota Banjarmasin No. 21 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah/Sanitasi dan Pertamanan terkait pengelolaan sampah dari sumber sampah dan instalasi TPS sampah di Kabupaten Banjarmasin Selatan. Berdasarkan Perda Kota Banjarmasin No. 21 Tahun 2011, untuk mengkaji kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Banjarmasin Selatan terkait pengelolaan/pembersihan sampah dan pertamanan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan sampel acak sederhana. Metode pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan pemaparan dan menjelaskan secara rinci tentang bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan sampah di Kec. Banjarmasin Selatan, kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan Pemerintah selaku pelaksana program masih belum efektif, kebiasaan memilah sampah dikatakan belum dilaksanakan oleh masyarakat. , masih adanya kebiasaan masyarakat membuang sampah ke TPS pada waktu yang tidak ditentukan, dan minimnya fasilitas TPS sampah, mengakibatkan tumpukan sampah di TPS liar dan sampah dipajang di pemukiman penduduk. Pemerintah belum sepenuhnya efektif dalam kegiatan sosialisasi atau penyuluhan, kinerja organisasi Satgas Kebersihan dikatakan belum optimal hingga masih terdapat tumpukan sampah, dan upaya Pemerintah dalam memberikan sanksi kepada pelanggar pembuangan sampah masih belum maksimal. lemah atau tidak sesuai dengan Perda Kota Banjarmasin No. 21 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah/Higiene dan Pertamanan. Oleh karena itu, Pemerintah perlu melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan secara rutin, menyediakan TPS sampah di setiap lingkungan Desa, Pemerintah perlu membangun TPA sampah baru yang sesuai standar, Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Pemerintah perlu memberlakukan sanksi sesuai dengan Peraturan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi perda, pengelolaan persampahan, Kec. banjarmasin selatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Aldianor
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:34
Last Modified: 17 Jan 2023 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item