FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAYANAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE DI BAPELKES TAHUN 2021

WIBOWO, FEBRI DWI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAYANAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE DI BAPELKES TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN BARU.pdf

Download (165kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
PDF ABSTRAK_removed.pdf

Download (307kB)

Abstract

Indikator keberhasilan pelayanan adalah kepuasan pelanggan. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan peserta Diklat terhadap pelayanan sistem pendaftaran online di Bapelkes tahun 2021. Metode penelitian adalah analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh peserta diklat di Bapelkes sebanyak 1.851 peserta dan sampel peserta diklat di Bapelkes pada bulan Januari - Desember 2021 sebanyak 100 responden dengan menggunakan acedental sampling. Instrumen menggunakan kuesioner cara ukur berupa google form dengan teknik analisa data yaitu univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapat kepuasan peserta yaitu puas sebesar 58 responden (58%), kualitas produk baik sebesar 59 responden (59%), kualitas pelayanan baik sebesar 56 responden (56%), kondisi emosional peserta diklat tidak baik sebesar 51 responden (51%). Ada hubungan kualitas produk dengan (p-value=0,030), ada hubungan kualitas pelayanan dengan (p-value=0,040) dan ada hubungan kondisi emosional dengan (p-value=0,046) kepuasan pelayanan peserta diklat pada sistem pendaftaran online di Bapelkes tahun 2021. Saran diharapakn Bapelkes dapat mensosialisasi pendaftaran online kesetiap Dinas Kesehatan sehingga akses informasi dapat diterima dengan baik oleh peserta diklat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, kualitas pelayanan, kondisi emosional, kepuasan, diklat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Febri Dwi Wibowo
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:05
Last Modified: 19 Jan 2023 02:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item