ANALISIS DAMPAK KONVERSI PT PNM MEKAAR SYARIAH DARI KONVENSIONAL MENJADI SYARIAH TERHADAP NASABAH (Studi kasus PT PNM Mekaar Syariah Cabang Martapura)

Rahmiyatul, Rahmiyatul (2023) ANALISIS DAMPAK KONVERSI PT PNM MEKAAR SYARIAH DARI KONVENSIONAL MENJADI SYARIAH TERHADAP NASABAH (Studi kasus PT PNM Mekaar Syariah Cabang Martapura). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Judul skripsi,identitas penulis, abstrak,daftar pustaka rahmiyatul.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Rahmiyatul.pdf

Download (600kB)
[img] Text
Pernyataan Skripsi Rahmiyatul.pdf

Download (591kB)

Abstract

Pergerakan lembaga Syariah di Indonesia satu dekade ini membuktikan kemajuan yang signifikan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaturan konversi dari konvensional menjadi syariah terhadap nasabah dan mengetahui dampak konversi terhadap nasabah PT PNM Mekaar Cabang Martapura jika ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Pendekatan yang dilakukan dalam panelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (indepth interview) dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data apabila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan untuk mengetahui hal-hal dari informan yang lebih mendalam dengan nasabah dan staff di PT PNM Mekaar Cabang Martapura. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaturan konversi PT. PNM Mekaar Konvensional menjadi Syariah yang ingin mengubah kegiatan usahanya menjadi pembiayaan yang berdasarkan prinsip syariah sudah memenuhi ketentuan yang terdapat pada PBI Nomor.09/7/ PBI/2007 jo PBI No.8/3/PBI/2006, yaitu harus dengan izin dari Dewan Gubernur Bank Indonesia. Ditinjau dari dari Islam bahwa kerjasama kegiatan usaha PT. PNM Mekaar Konvensional dengan Syariah bertentangan dengan hukum Islam karena dalam hukum Islam terdapat hukum larangan tolong-menolong (kerjasama) dalam perbuatan dosa atau salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konversi, Konvensional Menjadi Syariah Terhadap Nasabah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Rahmiyatul
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:34
Last Modified: 14 Feb 2023 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item