PENGARUH PENERAPAN FDIR (FAULT DETECTION ISOLATION RESTORATION) PADA PENYULANG CPK13 & BDR03 DI PT PLN (PERSERO) UP2D KSKT

Saputra, Aditya Bayu (2023) PENGARUH PENERAPAN FDIR (FAULT DETECTION ISOLATION RESTORATION) PADA PENYULANG CPK13 & BDR03 DI PT PLN (PERSERO) UP2D KSKT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengaruh Penerapan FDIR (Senastika 2020).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN Aditya bayu.pdf

Download (296kB)

Abstract

Sistem distribusi merupakan bagian terpenting dalam proses penyaluran tenaga listrik, karena merupakan sarana pendistribusian energi listrik dari sumber pembangkit hingga sampai ke konsumen. Sehingga Keandalan sistem distribusi tenaga listrik sangat diperlukan. Oleh karena itu diperlukan cara – cara untuk menjamin keandalan sistem tersebut. Salah satunya dengan menggunakan sistem FDIR (Fault Detection Isolation Restoration) dalam pengoperasian jaringannya. Key Point / Middle Point yang terpasang selama ini sudah terintegrasi dengan SCADA namun belum dimanfaatkan secara maksimal, akibatnya waktu yang dibutuhkan dalam melakukan isolasi dan restorasi/pemulihan terhadap gangguan jaringan distribusi masih lebih lama. Pada loop penyulang CPK13 & BDR03 ketika mengalami gangguan jaringan SUTM dilakukan perhitungan waktu dan diperoleh durasi waktu Isolasi dan restorasi / pemulihan, baik sebelum maupun sesudah menggunakan sistem FDIR. Selisih tersebut dapat menunjukkan hasil dari penerapan sistem FDIR pada penyulang CPK13 dan BDR03. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lama waktu yang dibutuhkan dalam melakukan isolasi dan restorasi/pemulihan terhadap gangguan jaringan distribusi dengan menggunakan sistem FDIR maupun dengan menggunakan sistem manual/konvensional pada Penyulang CPK13 dan BDR03 dan bagaimana meningkatkan kehandalan sistem tenaga listrik di Wilayah Kalsel dan Kalteng dengan mempercepat proses penormalan gangguan maupun manuver beban dihitung dari menurunkan SAIDI, dan mengurangi ENS (Energy Not Sale). Sistem FDIR diterapkan pada Penyulang CPK13 dapat mengurangi beban padam rata – rata 74,78%, durasi pemulihan lebih cepat rata – rata 62,33%, mengurangi SAIDI sebesar 99,80%, mengurangi ENS sebesar 98,60%, dan pada Penyulang BDR03 dapat mengurangi beban padam rata – rata 73,36%, durasi pemulihan lebih cepat rata – rata 80,03%, mengurangi SAIDI sebesar 99,30%, mengurangi ENS sebesar 98,08%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manuver, FDIR, SCADA, SAIDI, ENS
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:04
Last Modified: 19 Jan 2023 04:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item View Item