HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN, PARITAS, TINGKAT PENDIDIKAN DAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANC DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DI UPT. PUSKESMAS PASAR SABTU KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2021

Rahayu, Gusti Sri (2023) HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN, PARITAS, TINGKAT PENDIDIKAN DAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANC DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DI UPT. PUSKESMAS PASAR SABTU KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (217kB)

Abstract

Preeklampsia dan eklampsia merupakan masalah kesehatan yang memerlukan perhatian khusus karena merupakan penyebab kematian ibu hamil dan perinatal yang tinggi terutama di Negara berkembang. Menurut data ASEAN Statistical Repost Millennium Development Goals pada tahun 2017, Indonesia menduduki peringkat ke dua Angka Kematian Ibu (AKI) tertinggi di ASEAN. Beberapa faktor penyebab preeklampsi antara lain kadar haemoglobin, paritas, tingkat pendidikan dan kepatuhan kunjungan ANC. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar haemoglobin, paritas, tingkat pendidikan dan kepatuhan kunjungan ANC dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil. Desain penelitian ini adalah Case control. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk kasus 21 responden dan control 21 responden (1:1). Hasil analisis bivariat menunjukkan : 1). Ada hubungan antara kadar hemoglobin dengan kejadian preeklampsia (Asymp. Sig 0,04 < 0.05) Nilai OR=8,987 menunjukkan ibu hamil dengan kadar haemoglobin berisiko memiliki risiko 8,9 kali lebih besar terjadi preeklampsia. 2). Ada hubungan antara paritas dengan kejadian preeklampsia (Asymp. Sig 0,04< 0.05) nilai OR = 0,222 menunjukkan ibu hamil dengan paritas berisiko 0,2 kali lipat berpotensi mengalami preeklampsia. 3). Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan kejadian preeklampsi (Mann Whitney Test 0,557 > 0,005) dan 4). Tidak ada hubungan kepatuhan kunjungan ANC dengan kejadian preeclampsia (nilai Fisher Exact 1,000 > 0.05). Berdasarkan hal tersebut disarankan Bidan dapat bekerjasama dengan kader dalam pemberian pendidikan kesehatan khususnya tentang preeklamsi, meliputi tanda, gejala, dan faktor risiko terjadinya preeklampsia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Preeklampsia, Kadar Hemoglobin, Paritas, Tingkat Pendidikan, Kunjungan ANC
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Gusti Sri Rahayu
Date Deposited: 28 Jan 2023 03:23
Last Modified: 28 Jan 2023 03:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item