PELAKSANAAN PENCEGAHAN PENGGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN REMAJA OLEH KEPOLISIAN SEKTORAL KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

HARTATI, HARTATI (2023) PELAKSANAAN PENCEGAHAN PENGGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN REMAJA OLEH KEPOLISIAN SEKTORAL KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak hartati.pdf

Download (168kB)
[img] Text
pengesahan hartati.pdf

Download (58kB)
[img] Text
pernyataan orisinalitas hartati.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba adalah realitas yang ditemui di dalam masyarakat. Secara nasional, merebaknya penyalahgunaan narkoba (yang dalam hal ini sebagai pengguna) tidak saja dilakukan oleh orang dewasa, tetapi anak-anak yang masih menjalani pendidikan baik pendidikan tinggi, menengah bahkan pendidikan dasarpun tidak luput untuk melakukan penyalahgunaan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum dengan metode penelitian hukum empiris. Metode penelitian hukum empiris adalah suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum dilingkungan masyarakat. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja oleh Kepolisian Sektoral Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan diwujudkan dalam 3 (tiga) jenis tindakan pencegahan, yaitu: 1) Upaya pre-emtif, yaitu; a) Melaksanakan sosialisasi di masyarakat dan/atau sekolah-sekolah mengenai narkotika dan bahaya-bahayanya terhadap penyalahguna, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara; b) Melaksanakan penyuluhan-penyuluhan di masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkotika; c) Melaksanakan pembinaan, baik secara individu personel Polsek Pelaihari maupun secara kelembagaan Polsek Pelaihari. 2) Upaya Preventif, yaitu: a) Melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat yang di anggap rawan terjadinya peredaran gelap dan penyalahggunaan narkotika seperti pergumulan para remaja/pemuda sekolah-sekolah, dan tempat lainnya di Kecamatan Pelaihari; b) Melakukan razia di tempat-tempat yang diduga rawan terjadi penyalahgunaan narkotika; c) Melakukan patroli keliling di Kecamatan Pelaihari; 3) Upaya Represif, yaitu penangkapan terhadap pengedar narkotika dan penyalahguna narkotika di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Kendala-kendala yang dihadapi oleh Kepolisian Sektroal Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja, yaitu: a) Kurangnya anggaran pencegahan, b) Personel Polsek yang masih belum ideal, c) Sarana dan Prasarana yang belum memadai; dan d) Masih ada perangkat hukum yang tidak jelas, khusus untuk pencegahan zat-zat lem yang sering digunakan oleh anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Narkotika, Kalangan Remaja, Kepolisian Sektoral
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Hartati
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:34
Last Modified: 20 Jan 2023 01:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item