ANALISIS SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN JUMLAH KUNJUNGAN DI UPTD PUSKESMAS PASAR PANAS KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2022

MARIANI, MARIANI (2023) ANALISIS SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN JUMLAH KUNJUNGAN DI UPTD PUSKESMAS PASAR PANAS KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (401kB)

Abstract

Puskesmas Pasar Panas, telah melaksanakan kegiatan SP2TP dalam manajemen pencatatan dan pelaporannya, namun pelaksanaannya belum maksimal karena SDM (petugas SP2TP) yang kerap berganti dan belum mendapatkan pelatihan, proses pelaporan maupun pengumpulan data kegiatan puskesmas yang terlambat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan SP2TP di Puskesmas Pasar Panas.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SP2TP belum maksimal, masih ada kendala yang di temukan dalam pelaksanaannya. Unsur input: yaitu kebijakan sudah ada yaitu SK sebagai pendukungnya, namun kebijakan yang lain hanya bersifat lisan, teknologi yang tersedia belum membawa perubahan, data berasal dari Puskesmas Pembantu, Poskesdes, dan Puskesmas induk, buku pedoman SP2TP belum tersedia, formulir SP2TP sudah tersedia, Unsur proses: pencatatan dilakukan didalam dan diluar gedung Puskesmas, pelaporan masih terlambat, pengolahan data SP2TP menjadi 10 Penyakit Terbesar, PWS imunisasi, gizi, KIA, pengolahan data masih bersifat manual. Unsur output: masih terjadinya ketidaktepatan waktu dalam mengirimkan laporan, data masih belum akurat, dan belum sepenuhnya lengkap, data dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi.Disarankan kepada Puskesmas perlu pemanfaatan teknologi agar lebih ditingkatkan,meningkatkan kualitas laporan baik dari segi ketepatan waktu dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis,SP2TP,Puskesmas Pasar Panas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 21 Jan 2023 02:08
Last Modified: 21 Jan 2023 02:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item