ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GERABAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN DITENGAH ERA INDUSTRY 4.0. DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BAYANAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN KOTA KANDANGAN).

Lestari, Ega (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GERABAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN DITENGAH ERA INDUSTRY 4.0. DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BAYANAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN KOTA KANDANGAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (290kB)

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan zaman maka dunia usaha turut mengalami perkembangan yang positif pula. Ini dapat lihat dari banyaknya pertambahan unit usaha, baik dalam skala kecil, skala menengah ataupun skala besar. Di era globalisasi seperti sekarang, sektor perindustrian sangat diperlukan guna menopang perekonomian negara. Di sisi lain persaingan industri saat ini semakin ketat. Hal inilah yang menyebabkan pengrajin gerabah lebih kreatif membuat produk gerabah sesuai perkembangan zaman agar dapat bersaing dengan usaha lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha gerabah yang dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan pengrajin gerabah di desa bayanan dalam perspektifekonomiislam dan Untuk mengetahui bagaimana kondisi usaha gerabah di desa bayanan ditengah era industry 4.0. Jenis penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha kerajinan gerabah. Dan menganalisis kesejahteraan pengrajin gerabah dengan metode analisis Deskriptif Frekuensi. Untuk Populasi berjumlah 20 pengrajin dan pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling menggunakan rumus slovin dalam hasil perhitungan yaitu sebanyak 4 sampel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pengembangan usaha gerabah dalam analisis SWOT berupa strategi pertumbuhan yang agresif. Dari segi Matrik Internal dan Eksternal menunjukkan bahwa berada di skala tinggi dengan kisaran 3.0-4.0 growth dimana integrasi melalui integrasi horizontal yang menunjukkan bahwa industri kerajinan gerabah di desa bayanan saat ini mengalami pertumbuhan atau perkembangan. Dalam menganalisis kesejahteraandengan metode analisis Deskriptif Frekuensi dari hasil pengisian kuesioner dengan menggunakan SPSS dalam jenis kelamin total 100% ,pendidikan total 100%, Soal ke 1 hingga ke 10 berjumlah 100% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Meningkatkan Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Ega Lestari
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:04
Last Modified: 26 Jan 2023 03:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item