ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI EMPIRIS JALAN PARINGIN DESA MUARA PINTAP AWAYAN KABUPATEN BALANGAN KM 0+002,5 SAMPAI DENGAN KM 12+394 )

saputra, Adi Bayu (2021) ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI EMPIRIS JALAN PARINGIN DESA MUARA PINTAP AWAYAN KABUPATEN BALANGAN KM 0+002,5 SAMPAI DENGAN KM 12+394 ). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Keaslian_skripsi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar_pengesahan[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Ilmiah adi_removed.pdf

Download (142kB)

Abstract

Ada beberapa metode pendekatan yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian kondisi kerusakan jalan, yaitu dengan metode Bina Marga dan PCI (Pavement Condition Index). Contoh Jalan yang mengalami kerusakan ada pada ruas Jalan Paringin Desa Muara Pintap Awayan Kabupaten Balangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kerusakan, nilai kondisi kerusakan, dan urutan prioritas penangan pada ruas Jalan Paringin Desa Muara Pintap Awayan Kabupaten Balangan. Hasil dari penelitian didapatkan jenis kerusakan pada kedua ruas jalan tersebut adalah retak memanjang, retak melintang, retak buaya, retak acak, lubang, pengelupasan, rough, tambalan, amblas dan pelepasan butiran. Hasil penilaian kondisi jalan pada ruas Jalan Paringin ada 4 titik dengan metode Bina Marga adalah 3, 8, 8, dan 6 sedangkan dengan metode PCI 402, 395, 406, dan 253. Hasil nilai urutan prioritas ruas Jalan Paringin dengan metode Bina Marga dan PCI masing-masing didapatkan program pemeliharaan rutin dan dalam keadaan sangat baik (Very Good).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bina marga, PCI, Kerusakan Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Adi Bayu Saputra
Date Deposited: 21 Jan 2023 03:59
Last Modified: 21 Jan 2023 03:59
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item