TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGENDARA RODA DUA DENGAN MUATAN BERLEBIH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Aida, Risda Noor (2023) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGENDARA RODA DUA DENGAN MUATAN BERLEBIH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Keaslian skripsi.pdf

Download (366kB)

Abstract

Tingginya angka kecelakaan sepeda motor yang memakan banyak korban jiwa mendorong pemerintah menerbitkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam hal ini. Ini awalnya UU No. 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah. Dengan kata lain, bagaimana Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur pengendara roda dua yang membawa muatan berlebih dan bagaimana sanksi hukum bagi pengendara roda dua yang membawa muatan lebih. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian yuridis normatif (metodologi penelitian hukum normatif). Metode pengumpulan dokumen hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar dokumen hukum primer tersebut di atas, dokumen hukum sekunder, dan dokumen hukum tersier yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini, sepeda motor dapat membawa angkutan barang jika memenuhi persyaratan teknis dan praktik keselamatan. Harus dilihat kembali jika persyaratan teknis di atas tidak terpenuhi. Tidak ada hukum pidana umum yang mengatur secara khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendara, Sepeda Motor, Muatan Berlebih.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Risda Noor Aida
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:08
Last Modified: 27 Jan 2023 03:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14888

Actions (login required)

View Item View Item