HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAIT-KAIT KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2022

Anggraini, Dika Fitria (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAIT-KAIT KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE PDF ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Pengesahan Dika.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi Dika.pdf

Download (46kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan bahwa masih ada pasien yang mengeluhkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Kait-Kait masih kurang bukti fisik seperti fasilitas loket yang tidak ada microfon, ketanggapan yang masih kurang dalam hal pemanggilan pasien, kehandalan masih kurang dalam memberikan pelayanan seperti dalam memberikan informasi mengenai pengobatan tidak terlalu jelas dan kurang menanggapi keluhan pasien, jaminan masih kurang dikarenakan obat-obatan kurang lengkap sehingga pasien harus mencari obat di apotek lain serta empati masih kurang dikarenakan petugas kesehatan masih ada yang membeda-bedakan pasien umum dan BPJS. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dan menganalisis kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kait-Kait Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun 2022. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Kait-Kait pada bulan Januari sampai April Tahun 2022 sebanyak 2.044 orang. Sampel sebanyak 96 responden menggunakan teknik accidental sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square Test dengan analisis data univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden puas terhadap pelayanan sebanyak 61 responden (63,5%), bukti nyata (tangible) baik sebanyak 77 responden (80,2%), kehandalan (reliability) baik sebanyak 80 responden (83,3%), ketanggapan (responsiveness) baik sebanyak 74 responden (77,1%), jaminan (assurance) baik sebanyak 81 responden (84,4 %), dan empati (empathy) baik sebanyak 79 responden (82,3%). Ada hubungan kualitas pelayanan dimensi bukti nyata (tangible) (p-value=0,003), kehandalan (reliability) (p-value=0,008), ketanggapan (responsiveness) (p-value=0,006), jaminan (assurance) (p-value=0,003) dan empati (empathy) (p-value=0,017) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kait-Kait Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun 2022. Disarankan Puskesmas dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanan dengan meningkatkan kecepatan pemanggilan antrian diloket, menambah jumlah tempat duduk serta tersedianya air di toilet pasien sehingga pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Bukti Nyata, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Dika Fitria Anggraini
Date Deposited: 20 Feb 2023 05:10
Last Modified: 20 Feb 2023 05:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item