PERNIKAHAN DINI DI MASA PANDEMI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN DI KECAMATAN TAMBAN

Wina, Wina (2023) PERNIKAHAN DINI DI MASA PANDEMI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN DI KECAMATAN TAMBAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan pdf.pdf

Download (220kB)
[img] Text
surat pernyataan pdf.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Abstrak PDF.pdf

Download (44kB)

Abstract

Pernikahan di usia anak atau pernikahan dini merupakan pernikahan yang dilangsungkan antara laki-laki dan perempuan dengan usia di bawah ketentuan yang ditetapkan Undang-Undang, seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Tamban pada masa pandemi. Terdapat penambahan batasan usia yakni laki-laki dan perempuan berusia 19 tahun. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah, diantaranya apa sajakah yang menjadi faktor terjadinya pernikahan dini di Kecamatan Tamban di masa pandemi dan bagaimana tinjauan yuridis mengenai pernikahan dini di Kecamatan Tamban menurut ketentuan yang berlaku di Indonesia. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian yuridis empiris, yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Populasi penelitian ini adalah orang-orang yang melaksanakan pernikahan dini di Kecamatan Tamban. Teknik samplingnya sendiri menggunakan Purposive Sampling. Adapun langkah yang ditempuh yaitu meinventaris data dengan pengamatan dan observasi. Dari hasil penelitian menujukkan penyebab terjadinya pernikahan dini di Kecamatan Tamban menurut Pengadilan Agama dipengaruhi oleh faktor kemauan diri sendiri atau suka sama suka. Menurut Kepala KUA Tamban disebabkan oleh faktor ekonomi dan faktor dorongan orang tua. Menurut hasil wawancara dari pelaku pernikahan dini bahwa pernikahan dini di Kecamatan Tamban disebabkan oleh faktor ekonomi, faktor dorongan orang tua, faktor keinginan diri sendiri. Menurut tinjauan yuridis Undang-Undang Perkawinan pernikahan dini di Kecamatan Tamban telah melanggar ketentuan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Dini, Masa Pendemi, Undang-Undang
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Wina
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:02
Last Modified: 26 Jan 2023 04:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14951

Actions (login required)

View Item View Item