PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NILAI PRIBADI, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN SIKAP PERSONAL TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA ISLAMI

Syarifah, Syarifah (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NILAI PRIBADI, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN SIKAP PERSONAL TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA ISLAMI. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Upload Abstrak.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan-Syarifah.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi-Syarifah.pdf

Download (81kB)

Abstract

Perencanaan keuangan keluarga sangat penting dilakukan agar dapat mengelola keuangan yang masuk dan keluar secara lebih efektif untuk mencapai tujuan keuangan dan menghindari masalah keuangan. Beberapa alasan mengapa keluarga memerlukan perencanaan keuangan yaitu adanya tujuan keuangan yang ingin dicapai, tingginya biaya hidup, perekonomian tidak selalu baik, serta fisik yang tidak selalu sehat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh literasi keuangan, nilai pribadi, lingkungan sosial, dan sikap personal terhadap perencanaan keuangan keluarga islami dan bagaimana pengaruh literasi keuangan, nilai pribadi, lingkungan sosial, dan sikap personal secara simultan terhadap perencanaan keuangan keluarga islami. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antara literasi keuangan, nilai pribadi, lingkungan sosial, dan sikap personal terhadap perencanaan keuangan keluarga. Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting dalam mengelola keuangan keluarga agar tercapai suatu hidup sejahtera, dengan adanya perencanaan keuangan maka dapat membantu dalam mengalokasikan keuangan dalam jangka panjang. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang masyarakat di Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berusia dari 20-40 tahun keatas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Analisis data meliputi uji normalitas, uji heterokedasitas, uji multikolinearitas, analisis regresi berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinan (R2). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, nilai pribadi, lingkungan sosial, dan sikap personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan keuangan keluarga para masyarakat di Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial, Literasi Keuangan, Nilai Pribadi, Perencanaan Keuangan, Sikap Personal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Syarifah
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:07
Last Modified: 26 Jan 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14976

Actions (login required)

View Item View Item