ANALISIS SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEMILIK USAHA INDUSTRI KERANGKA KAYU KURSI DAN KASUR DI KELURAHAN BERANGAS)

Anatasia, Elly (2023) ANALISIS SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEMILIK USAHA INDUSTRI KERANGKA KAYU KURSI DAN KASUR DI KELURAHAN BERANGAS). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK UPLOAD.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.PDF.pdf

Download (428kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.PDF.pdf

Download (381kB)

Abstract

Industri kerangka kayu merupakan industri yang mengolah kerangka kayu kursi dan kasur yang berada di Kelurahan Berangas dan ada 4 pemilik industri tersebut. Peran industri tersebut berpengaruh terhadap spsoal ekonomi dan tingkat kesejahteraan para pemilik industri tersebut dengan meningkatkan taraf kehidupannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan pemilik usaha industri dalam perspektif ekonomi Islam. tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan pemilik usaha industri dalam persepketif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik mengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu sosial ekonomi dilihat dari faktor-faktor yang menentukan kondisi sosial ekonomi yaitu pendidikan, pendidikan para pemilik usaha industri tersebut pendidikan SD dan SMP. Pendapatan para pemilik usaha industri tersebut dari 600 ribu- 6 jt perbulan. Para pemilik menggunakan lokasi tempat tinggal sebagai lokasi atau tempat industri dan industri ini tidak mencemarkan lingkungan sekitar dan industri ini dapat menarik karyawan setempat yaitu masyarakat Berangas. Lokasi tempat tinggal pemilik industri ini yang dijadikan yang satu-satunya dijadikan kawasan berikat. Dilihat dari tingkat kesejaheraan para pemilik usaha industri termasuk dalam golongan Keluarga Sejahtera Tingkat II. Dilihat dari kesejahteraan dalam perspektif ekonomi Islam bahwa para pemilik usaha industri tersebut memiliki rasa syukur dan meyakini atas ketentuan Allah SWT, memiliki ilmu mengelola industri dan ilmu agama, memiliki kehidupan yang bahagia dan membagikan sebagian harta kepada orang yang berhak menerima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Industri Kerangka Kursi dan Kasur, Sosial Ekonomi, Tingkat Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Elly Anatasia
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:45
Last Modified: 12 Sep 2023 02:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14986

Actions (login required)

View Item View Item