HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA DENGAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN PT. SARIKAYA SEGA UTAMA KOTA BANJARBARU

Maza, Safira (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA DENGAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN PT. SARIKAYA SEGA UTAMA KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Keaslian.pdf

Download (87kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di PT. Sarikaya Sega Utama Banjarbaru pada tahun 2022 masih terdapat kecelakaan kerja yang terjadi akibat kegiatan kerja dan masih ada pekerja yang tidak menggunakan APD secara lengkap diakibatkan terbatasnya ketersediaan APD sehingga menimbulkan kecelakaan kerja yang mana pengetahuan dan sikap merupakan hal yang perlu dimiliki para pekerja sehingga pekerja mampu membedakan dan mengetahui risiko kecelakaan di sekitarnya serta dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur agar terhindar dari kecelakaan kerja. Tujuan Penelitian mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap pekerja terhadap risiko kecelakaan kerja pada Karyawan PT. Sarikaya Sega Utama Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil Penelitian Risiko Kecelakaan Kerja pada karyawan di PT. Sarikaya Sega Utama Kota Banjarbaru Tahun 2022 sebanyak 19 responden (47.5%). Tingkat pengetahuan cukup baik pada karyawan di PT. Sarikaya Sega Utama Kota Banjarbaru Tahun 2022 sebanyak 29 responden (72.50%). Sikap karyawan negatif sebesar karyawan di PT. Sarikaya Sega Utama Kota Banjarbaru Tahun 2022 sebanyak 25 responden (62,50%). Ada Hubungan Pengetahuan dengan Risiko Kecelakaan Kerja pada karyawan di PT. Sarikaya Sega Utama Kota Banjarbaru Tahun 2022, dengan p-value (0,020). Ada Hubungan Sikap dengan Risiko Kecelakaan Kerja pada karyawan di PT. Sarikaya Sega Utama Kota Banjarbaru Tahun 2022, dengan p-value (0,018). Saran diharapkan perusahaan mencukupi alat pelindung diri (APD) bagi seluruh pekerja, meningkatkan proses kerja juga mengawasi penggunaan APD pekerja, memberikan peringatan ataupun sanksi yang tegas bagi pekerja yang tidak patuh terhadap peraturan untuk menggunakan APD sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Risiko Kecelakaan, Sikap
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Depositing User: Safira Maza
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:24
Last Modified: 27 Jan 2023 02:24
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14992

Actions (login required)

View Item View Item