Perencanaan dan Strategi Komunikasi Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kabupaten Tanah Laut

Haderiansyah, Haderiansyah (2022) Perencanaan dan Strategi Komunikasi Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kabupaten Tanah Laut. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan Haderiansyah.pdf - Other

Download (8MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Tesis Hdr 2022_removed.pdf

Download (139kB)

Abstract

Haderiansyah, 2009010021, “Perencanaan dan Strategi Komunikasi Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kabupaten Tanah Laut”, Sanusi, Rahmi Widyanti. Berdasarkan data indeks literasi keuangan, provinsi Kalimantan Selatan memiliki indeks literasi keuangan di bawah indeks literasi nasional (38,03%) yaitu sebesar 36,22%. Berdasarkan hal-hal di atas maka perlu dibuat sebuah perencanaan dan strategi komunikasi literasi keuangan untuk ASN agar menghasilkan dampak positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut. Penelitian tentang perencanaan dan strategi komunikasi pemerintah ataupun penelitian tentang literasi keuangan secara terpisah sudah banyak dilakukan. Tetapi sulit untuk menemukan penelitian yang menghubungkan perencanaan dan strategi komunikasi pemerintah dengan literasi keuangan terutama untuk ASN. Bahkan akan lebih sulit lagi menemukan penelitian yang pernah dilakukan mengenai hal tersebut di Kabupaten Tanah Laut. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan analisis data menggunakan teknik triangulasi data atau sumber. Penelitian kualitatif ini menerapkan cara pandang yang bergaya induktif, berfokus pada makna individual, dan menerjemahkan pada kompleksitas suatu persoalan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan ASN di Kabupaten Tanah Laut masih tergolong rendah pada literasi produk asuransi, produk pembiayaan, pasal modal, investasi, dan penggunaan fintech. Untuk pengetahuan literasi keuangan yang sudah cukup tinggi yaitu pada dana pensiun dan dana darurat. Tingkat literasi keuangan ASN pada sektor perbankan sudah sangat tinggi dalam hal kepemilikan rekening bank dan penggunaan aplikasi banking. Diketahui juga bahwa penyampaian informasi tentang literasi keuangan sudah sering dilaksanakan, namun masih belum menyentuh seluruh komponen literasi keuangan hanya sebatas pada komponen produk perbankan, asuransi, pembiayaan, dan dana pensiun. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa perlu adanya sebuah perencanaan dan strategi komunikasi literasi keuangan. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat peta jalan atau roadmap. Peta jalan ini juga harus selaras dengan program Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia tahun 2021 – 2025 yang merupakan upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan komunikasi, Strategi Komunikasi, Literasi keuangan, ASN, Tanah Laut
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Haderiansyah
Date Deposited: 28 Jan 2023 03:21
Last Modified: 28 Jan 2023 03:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item View Item