PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM KELOMPOK WANITA TANI ADAS MANIS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Sei Tunjang)

Sela, Karan (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM KELOMPOK WANITA TANI ADAS MANIS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Sei Tunjang). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Karan Sela.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Karan Sela.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi Karan Sela.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu proses, cara, pembentukan terhadap keswadyaan masyarakat dan pemahaman pola pikir. Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu perbaikan kondisi perekonomian dengan jalan memanfaatkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Pemberdayaan merupakan salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat yang perlu diberdayakan dalam meningkatkan pendapatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagiamana pola pemberdayaan masyarakat melalui program Kelompok Wanita Tani Adas Manis dalam pemanfaatan lahan pekarangan menurut perspektif ekonomi Islam, bagaiamana pemberdayaan masyarakat program Kelompok Wanita Tani Adas Manis dalam meningkatkan pendapatan menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaiman pola pemberdayaan masyakarat melalui program Kelompok Wanita Tani Adas Manis dalam pemanfaatan lahan pekarangan dan dalam meningkatkan pendapatan menurut perspektif ekonomi Islam. Pemberdayaan artinya masyarakat menjadi lebih mampu dalam mengelola lahan pekarangan serta bisa mempunyai penghasilan dari kegiatan yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris dengan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data penelitian lapangan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang anggota KWT Adas Manis dengan mengambil sampel 10 orang anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan sangat berpengaruh dalam mengantarkan masyarakat secara ekonomi dalam meningkatkan keswadayaan, dari segi pengetahuan, pola pikir, serta pengelolaan suatu pemberdayaan dalam meningkatkan pendapatan menurut perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Islam, Kelompok Wanita Tani, Pendapatan, Pemberdayaan Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Karan Sela
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:08
Last Modified: 03 Jul 2023 03:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item