EFEKTIVITAS PENERAPAN PASAL 107 AYAT (2) UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LLAJ DALAM MENEKAN ANGKA KECELAKAAN DI KOTA BANJARMASIN

Hafiidh, Muhammad (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN PASAL 107 AYAT (2) UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LLAJ DALAM MENEKAN ANGKA KECELAKAAN DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel pdf.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Pdf orisinalitas.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Pengesahan stempel.pdf

Download (281kB)

Abstract

Muhammad Hafiidh,(17.81.0405), 2022. Efektivitas Penerapan Pasal 107 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang LLAJ dalam menekan Angka Kecelakaan Di Kota Banjarmasin. Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Dibimbing oleh Dr. Nurul Listiyani, S.H., M.H. dan Dr. Yati Nurhayati, S.H., M.H. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan tentang tingkat kepatuhan menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari dan bagaimana efektivitas kewajiban lampu utama sepeda motor pada siang hari dalam menekan angka kecelakaan sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris yang disebut juga penelitian lapangan dengan mewawancarai narasumber dan mengetahui persepsi responden yang kemudian dibandingkan untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimana pengaturan tentang kepatuhan menyalakan lampu utama sepeda motor dan bagaimana efektivitas kewajiban lampu utama sepeda motor pada siang hari dalam menekan angka kecelakaan sepeda motor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 107 ayat (2) tentang kepatuhan menyalakan lampu utama pada siang hari bagi pengendara roda dua untuk menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polresta Kota Banjarmasin tidak efektif walaupun angka pelanggaran kepatuhan menyalakan lampu utama pada siang hari bagi pengendara roda dua semakin menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Lalu Lintas, Kecelakaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Hafiidh
Date Deposited: 30 Jan 2023 05:25
Last Modified: 30 Jan 2023 05:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15050

Actions (login required)

View Item View Item