PENEGAKAN HUKUM TERHADAP GELANDANG PENGEMIS DI KOTA MARABAHAN MENURUT PERATURAN DAERAH BARITO KUALA NOMOR 6 TAHUN 2019 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT

Maulani, Muhammad Ilham (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP GELANDANG PENGEMIS DI KOTA MARABAHAN MENURUT PERATURAN DAERAH BARITO KUALA NOMOR 6 TAHUN 2019 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Pengesahan Ilham.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas Ilham.pdf

Download (82kB)

Abstract

Gelandang pengemis selalu menjadi permasalahan diberbagai kalangan, baik dikalangan masyarakat maupun dikalangan pemerintah. Keberadaannya sering membuat ketidaknyamanan hal ini dikarenakan sebagian dari mereka meminta-minta secara paksa kepada masyarakat, sehingga sangat diperlukan penegakan hukum agar terciptanya ketertiban dan kenyamanan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penegakan Hukum Terhadap Gelandang Pengemis Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dan Mengetahui Kendala Penegakan Hukum Gelandang Pengemis tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian empiris. Pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan melakukan studi lapangan, wawancara dengan narasumber yaitu Ibu Lisa Hadiyanti, S.H yang menjabat sebagai Kasi Penyidikan dan Penindakan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barito Kuala. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara subtansi penegakan hukum Gelandang Pengemis oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala ditetapkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang mana dengan dikeluarkan perda tersebut sudah tepat, dan secara struktur penegakan hukum terhadap Gelandang pengemis dilaksanakan oleh aparat penegak hukum yaitu Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barito Kuala, yang berwenang melakukan penertiban telah bekerja sesuai prosedur yang diamanatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan hukum, penertiban, dan gelandang pengemis
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Ilham Maulani
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:07
Last Modified: 31 Jan 2023 02:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item