SISTEM PERLINDUNGAN JUAL BELI DROPSHIPPING DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Hadrani, Ahmad (2023) SISTEM PERLINDUNGAN JUAL BELI DROPSHIPPING DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak + Daptar Pustak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
lembar pengesahan dani.pdf

Download (347kB)
[img] Text
pernyataan sekrizpi dani.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penjualan sistem dropshipping semakin marak dilakukan sejalan dengan berkembangnya sistem penjualan online akibat adanya perkembangan kemajuan teknologi dan komunikasi. Hal ini memicu berkembangnya bisnis atau penjualan online dimana memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terlibat dalam bisnis online ini salah satunya dengan menjadi seorang dropshiper atau perantara penjualan antara supplier dengan konsumennya. Pada dasarnya pembeli harus menerima setiap produk yang sudah sampai ditangan pembeli, walaupun terdapat tidak sesuaian dari produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online secara dropshipping menurut perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Hukum Ekonomi Syariah serta Sejauh mana Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Hukum Ekonomi Syariah diterapkan dalam mekanisme transaksi Jual beli online secara dropshipping di kalangan Mahasiswa Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dan pendekatan kualitatif diketahui bahwa walaupun terdapat perlindungan secara hukum, namun para dropshiper mencoba menyelesaikan masalah kerugian yang dihadapinya karena kurangnya informasi bagaimana dan kemana mereka bisa menyelesaikan masalah tersebut secara hukum yang benar. Dan kegiatan yang mereka lakukan secara hukum islam bersifat dibolehkan selama unsur dan syarat jual beli secara hukum Islam dipenuli. Dalam kegiatan ini hendaknya para dropshiper lebih berhati-hati dalam bertransaksi agar bisa meminimalisir kerugian yang terjadi apabila terdapat kerugian dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dropshipping; Dropshipper; Mahasiswa; Perlidungan Hukum; Supplier
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Ahmad Hadrani
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:44
Last Modified: 06 Feb 2023 01:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item