STRUKTUR BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA PEMBUATAN KERUPUK NASI DI KELURAHAN LEPASAN KECAMATAN BAKUMPAI KABUPATEN BARITO KUALA

MISGIANTI, MISGIANTI (2023) STRUKTUR BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA PEMBUATAN KERUPUK NASI DI KELURAHAN LEPASAN KECAMATAN BAKUMPAI KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian Struktur Biaya dan Pendapatan Usaha Pembuatan Kerupuk Nasi di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala ini bertujuan untuk mengetahui teknik pembuatan kerupuk nasi, mengetahui masing-masing komponen struktur biaya, mengetahui penerimaan, dan pendapatan yang diperoleh dalam usaha pembuatan kerupuk nasi di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala. Metode yang disajikan dalam penelitian ini adalah metode sensus, dimana untuk menentukan responden dilakukan kepada seluruh pelaku usaha pembuatan kerupuk nasi. Berdasarkan hasil penelitian dari pengolahan data data dalam satu bulan produksi menunjukkan komponen biaya terbesar meliputi biaya pembelian tepung tapioka sebesar 41%, bahan pelengkap sebesar 28%, beras sebesar 20%, tenaga kerja sebesar 7%, biaya listrik, biaya penyusutan alat dan biaya pembelian gas masing-masing dibawah 5%. Untuk rata-rata pendapatan usaha prmbuatan kerupuk nasi dalam satu bulan sebesar Rp. 871.833 dimana nilai rata-rata penerimaan adalah sebesar Rp. 1.963,500. Untuk rata-rata nilai keuntungan sebesar adalah sebesar Rp. 485.433 dan dari nilai total biaya adalah sebesar Rp. 1.478,067, perhitungan R/C Ratio sebesar 1,32 menunjukkan bahwa usaha pembuatan kerupuk nasi di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala sudah efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Biaya, Pendapatan, Keuntungan, Efisiensi (R/C Ratio), Kerupuk nasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Misgianti
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:10
Last Modified: 04 Mar 2023 02:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item