POLA HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI ANAK (Studi Kasus Pada SDN 1 Selat Dalam Kuala Kapuas)

raji, muhammad (2023) POLA HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI ANAK (Studi Kasus Pada SDN 1 Selat Dalam Kuala Kapuas). Diploma thesis, Univesitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Surat pernyataan raji.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Raji.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Muhammad Raji_removed.pdf

Download (82kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan komunikasi interpersonal dalam keluarga antara orang tua dan anak terhadap motivasi berprestasi anak, mengetahui upaya apa saja yang dilakukan orang tua untuk mendorong anaknya agar memiliki motivasi berprestasi, dan mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat anak memiliki motivasi untuk berprestasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada empat siswa SDN 1 Selat Dalam Kuala Kapuas beserta orang tuanya. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat komunikasi interpersonal yang sangat efektif antara orang tua dengan anaknya khususnya ibu sebagai ibu rumah tangga yang ditandai dengan adanya keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesamaan antara orang tua dan anak. Kemudian, ada dua pola komunikasi yang terbentuk antara orang tua dan anak dalam hasil penelitian ini, yaitu pola komunikasi demokratis dan pola komunikasi otoriter. Upaya orang tua untuk mendorong anaknya agar memiliki motivasi berprestasi adalah dengan memberikan fasilitas penunjang pembelajaran dan latihan, serta memberikan motivasi dan hadiah kepada anaknya ketika mencapai prestasi di bidangnya masing-masing. Upaya yang dilakukan oleh anak-anak SDN 1 Selat Dalam Kuala Kapuas untuk memiliki motivasi berprestasi yaitu hubungan yang baik dalam keluarga, memahami kemampuan sendiri, dan keinginan untuk mendapatkan hadiah atas prestasi yang telah diraih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak, Motiviasi Berprestasi Anak.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Raji
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:05
Last Modified: 07 Feb 2023 02:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item