ANALISIS KEMITRAAN BUDIDAYA IKAN KOLAM DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN PADA IDI DESA MUHARA KINTAP)”.

rusmini, rusmini (2023) ANALISIS KEMITRAAN BUDIDAYA IKAN KOLAM DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN PADA IDI DESA MUHARA KINTAP)”. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan dekan Rusmini.pdf

Download (66kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi Rusmini.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ARTIKEL RUSMINI 1_removed.pdf

Download (404kB)

Abstract

Ikan memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan, setiap tahun semakin banyak permintaan pasar terhadap ikan potensi tersebut perlu untuk dikelola secara optimal. Peluang pasar tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dengan konsep kemitraan, yang banyak dilakukan oleh para pembudidaya ikan salah satunya kelompok PADA IDI Desa Muhara Kintap. Namun pembudidaya ikan bukan tanpa ada aral melintang, apakah dengan membudidayakan ikan dapat meningkatkan perekonomian atau tidak, apalagi dengan sistem kemitraan serta pengelolaan kolam dan pemeliharaan ikan yang tidak lah mudah. Rumusan masalah dari penelitian ini mengenai proses bagaimana Sistem budidaya ikan dan kemitraan yang dikembangkan oleh Kelompok PADA IDI Desa Muhara Kintap dan Bagaimana mengkatkan taraf hidup keluarga pada kelompok PADA IDI dari pendangan ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Sistem budidaya ikan dan kemitraan yang dikembangkan oleh kelompok PADA IDI Desa Muhara Kintap, dan Mengetahui kemitraan dalam budidaya ikan kolam kelompok PADA IDI dalam mengkatkan taraf hidup keluarga menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data penelitian ini diperolah dari observasi, wawancara dan dokumentasi, informasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anggota Kelompok Pembudidaya Ikan PADA IDI yang berjumlah 13 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwasanya adanya kemitraan dalam budidaya ikan kolam terjalin baik. Karena dalam hal membudidayakan ikan kolam peternak ikan membuka usaha tersebut sama-sama berkontribusi modal dengan pemerintah Desa. Dengan adanya hubungan kerja sama atau kemitraan yang dibangun para peternak ikan dapat mengembangkan usahanya dengan baik, dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Dari sebab ini bahwasanya budidaya ikan kolam dapat diberikan sesuai dengan perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Budidaya Ikan, Taraf Hidup.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rusmini
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:26
Last Modified: 07 Feb 2023 02:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item