EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI MASJID HASANUDDIN MADJEDI

Ramadhana, Aziz Fadhilah (2023) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI MASJID HASANUDDIN MADJEDI. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataan orisinalitas.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Pengesahan tok.pdf

Download (59kB)
[img] Text
artikel aziz_removed.pdf

Download (311kB)

Abstract

Pabrik bahan kimia berbahaya dan juga salah satu penyebab kematian paling terbesar di negara di dunia, terutama di negara-negara berkembang adalah Rokok. Oleh sebab itu, banyak negara yang mulai memberikan batasan-batasan kepada warga negaranya untuk merokok. Baik itu melalui pemasangan iklan bahaya merokok pada media elektronik dan media cetak ataupun dengan adanya kawasan dilarang merokok. Melihat bagaimana peran Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin dalam Penerapan Aturan Hukum Dilarang Merokok dilingkungan Masjid Hasanuddin Madjedi terkait Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2013 Kawasan Tanpa Rokok di Kota Banjarmasin. karena ini sangat menarik untuk di kaji lebih lanjut. Rumusan masalah yang ada pada hal tersebut yaitu: Bagaimanakah Efektifitas Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Masjid Hasanuddin Madjedi Banjarmasin, Faktor Apakah Yang Mempengaruhi Efektifitas Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Masjid Hasanuddin Madjedi Kota Banjarmasin Penelitian yang akan di lakukan adalah penelitian hukum empiris sosiologis. Penelitian Empiris Sosiologis adalah penelitian dengan adanya data-data lapangan sebagai sumber data umum, seperti hasil wawancara dan observasi. Penelitian empiris digunakan untuk menganalisis hukum yang dilihat sebagai perilaku masyarakat berpola dalam kehidupan masyarakat yang selalu berinteraksi dan berhubungan dalam aspek kemasyarakatan. Dari penelitian yang penulis teliti bahwa Dalam pembuatan aturan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok ini sudah bagus,tetapi dalam penegakan hukumnya masih tidak efektif dikarenkan kurangnya kesadaran khususnya dari jama’ah ataupun pengunjung di Kawasan Masjid Hasanuddin Madjedi, masih adanya jama’ah ataupun pengunjung yang merokok dikawasan tersebut yang mana dari pengakuan salah satu jama’ah ataupun pengunjung Masjid masih ada yang belum tahu tentang aturan tersebut yang diakibatkan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pembuat aturan dan penegak hukum dalam hal ini Satpol PP Kota Banjarmasin dan juga tidak disediakannya tempat atau fasilitas bagi jama’ah dan pengunjung yang merokok dikawasan yang dilarang dalam Peraturan Daerah Kota Banjarmasin dalam hal ini tempat ibadah yang dimaksud peneliti dalam hal ini adalah Masjid Hasanuddin Madjedi Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perokok, Peraturan Daerah, Kawasan Tanpa Rokok
Subjects: K Law > KF United States Federal Law
Depositing User: Aziz Fadhilah Ramadhana
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:47
Last Modified: 17 Feb 2023 01:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item