PERAN PENYEHAT TRADISIONAL DALAM PENGAJUAN SURAT TERDAFTAR PENYEHAT TRADISIONAL DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATANKABUPATEN TABALONG

Nurul, Hikmah (2023) PERAN PENYEHAT TRADISIONAL DALAM PENGAJUAN SURAT TERDAFTAR PENYEHAT TRADISIONAL DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATANKABUPATEN TABALONG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
halaman pengesahan skripsi.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian Penelitian.pdf

Download (169kB)

Abstract

Pengajuan surat terdaftar penyehat tradisional di Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Dari hasil yang dilakukan oleh peneliti masa penerbitan izin pengobat tradisional sesuai SOP selama 5 hari namun menjadi lebih dari 30 hari, kurang aktifnya pemohon dalam berkonsultasi tentang regulasi perijinan STPT, serta bimtek hanya diselenggarakan 1 tahun sekali dan harus mengumpulkan sebanyak 20-30 penyehat tradisional. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran penyehat tradisional dalam pengajuan surat terdaftar penyehat tradisional di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Informan Utama adalah penyehat tradisional, informan triangulasi adalah Kepala Dinas Kesehatan, penanggung jawab program di Puskesmas, koordinator pelayanan kesehatan, pengelola program dan staf pelayanan kesehatan. Hasil penelitian penyehat tradisional berprofesi tukang pijat dan Dinas Kesehatan mewajibkan seluruh penyehat tradisional memiliki STPT. Komitmen Dinas Kesehatan alur prosedur disederhanakan dan kepengurusan administasi akan dibantu Dinas Kesehatan. Keterampilan diperoleh turun temurun. Masa berlaku STPT 2 tahun. Peralatan yang digunakan minyak zaitun, gandapura, handbody. Persyaratannya photocopy KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan tempat praktek dari Kelurahan/Desa, surat keterangan dari Puskesmas. Kendalanya kekurangtahuan akan proses perizinan STPT serta jarak yang jauh. Saran Dinas Kesehatan melalui BANG AMAT (Gerbang Asuhan Mandiri Toga dan Akupresur) dengan melakukan jemput bola serta semua administasi kepengurusan dibantu oleh Dinas Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengajuan Penyehat Tradisional, Surat Terdaftar Penyehat Tradisional
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:06
Last Modified: 15 Feb 2023 01:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15199

Actions (login required)

View Item View Item