PERHITUNGAN NILAI DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN TIANG PANCANG MENGGUNAKAN DATA N-SPT PADA JEMBATAN SUNGAI GARDU KOTA BANJARMASIN

Maulani, Zain Akbar (2023) PERHITUNGAN NILAI DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN TIANG PANCANG MENGGUNAKAN DATA N-SPT PADA JEMBATAN SUNGAI GARDU KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABTRACK ZAIN AKBAR MAULANI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Zain.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Zain.pdf

Download (718kB)

Abstract

Dalam penelitian ini akan melakukan perhitungan daya dukung tunggal pondasi tiang pancang pada bagian jembatan tersebut beserta nilai efisiensi dan kapasitas kelompok tiang. Judul penelitian ini adalah Perhitungan Nilai Daya Dukung Tiang Pancang Menggunakan Data N-SPT Pada Jembatan Sungai Gardu. Dalam Studi litertaur ini dilakukan untuk mempelajari secara lebih mendalam mengenai metode (Standard Penetration Test) SPT berdasarkan referensi yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Referensi tersebut dapat berupa buku, jurnal ilmiah dan artikel. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder, yang artinya data yang digunakan bukan hasil pengambilan secara langsung kelapangan oleh peneliti, melainkan hasil pengambilan data yang dilakukan oleh tim peneliti.Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut : Nilai daya dukung tunggal pondasi tiang pancang pada jembatan Sungai Gardu menggunakan data N-SPT adalah sebesar 88,313 Ton. Nilai daya dukung kelompok pondasi tiang pancang pada jembatan Sungai Gardu menggunakan data N-SPT pada jembatan Sungai Gardu dengan nilai efisiensi tiang pada pile slab 1 abutment adalah sebesar 81,9% dan nilai daya dukung tiang kelompok sebesar 4382,511 Ton. Hasil dari perhitungan nilai efisiensi tiang pada pile slab 2 adalah sebesar 79,6% dan nilai daya dukung tiang kelompok sebesar 6391,757 Ton. Penurunan pondasi tiang pancang tunggal pada Jembatan Sungai Gardu dengan menggunakan data N-SPT. Besarnya penurunan tiang, dihitung menggunakan Metode Reese & Wright adalah sebesar 0,034 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daya, Tiang Pancang, N-SPT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Zain Akbar Maulani
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:17
Last Modified: 08 Feb 2023 05:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15205

Actions (login required)

View Item View Item