APLIKASI MONITORING KENDARAAN DINAS BERBASIS WEB PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Maulina, Maulina (2023) APLIKASI MONITORING KENDARAAN DINAS BERBASIS WEB PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang mempunyai fungsi pokok pemberian asistensi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dan laporan akuntabilitas kinerja ins.tansi pemerintah daerah provinsi Kalimantan Selatan. Pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan terdapat sebuah bagian khusus yang bertugas memonitoring kendaraan. Pengelolaan kendaraan dinas pada BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dalam penyimpanan dan pengolahan data belum terintegrasi ke sistem atau aplikasi, masih menggunakan buku catatan dan di rekap menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel) sehingga belum terdokumentasi dengan baik dan menyulitkan pada saat diperlukan dan kadang ditemukan tulisan yang tidak dapat terbaca ataupun terdapat kesalahan dalam penulisan data. Selain itu, pada proses pengajuan peminjaman kendaraan dinas, pemohon masih harus mengisi formulir permohonan pada kertas yang telah disediakan. Serta pada proses pemeliharaan kendaraan dinas data tidak terdokumentasi dengan baik. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data menggunakan requirement analysis, yaitu mendapatkan informasi mengenai rancangan sistem yang dibutuhkan pengguna dalam menyelesaikan tugas, mengelompokan proses dari pengelolaan kendaraan umum dan tersrtruktur, pemeliharaan kendaraan dan peminjaman kendaraaan, serta penggunaan rancangan model sistem DFD (Data Flow Diagram) sehingga dalam perancangan sistem lebih terstruktur, dari pembagian level pengawas, pegawai dan TU. Dari hasil perancangan sistem dan analisis sistem lama ke sistem baru dihasilkan Aplikasi Monitoring Kendaraan Dinas Berbasis WEB, dimana dengan aplikasi ini dapat membantu pengawas dalam mengelola kendaraan dan pegawai dapat dengan mudah melakukan pengajuan peminjaman kendaraan. Pada peneliatin selanjutnya dapat menambahkan fitur baru seperti penjadwalan pemeliharaan rutin dan penjadwalan pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Monitoring, Kendaraan Dinas, Xampp, PHP.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Depositing User: Maulina
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:17
Last Modified: 10 Feb 2023 03:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item