PENGARUH CAMPURAN ABU SEKAM PADI DAN KAPUR TERHADAP KUAT GESER DAN KUAT TEKAN TANAH LEMPUNG DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Aulia, Annisa (2023) PENGARUH CAMPURAN ABU SEKAM PADI DAN KAPUR TERHADAP KUAT GESER DAN KUAT TEKAN TANAH LEMPUNG DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Skripsi.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skrpsi.pdf

Download (303kB)

Abstract

Dalam perencanaan dan pekerjaan suatu konstruksi bangunan sipil, tanah mempunyai peranan yang sangat penting. Karena tanah berfungsi sebagai penahan beban bangunan dan beban lainnya yang juga diperhitungkan dan hamper seluruh struktur terletak di atas tanah atau menggunakan tanah sebagai bahan materialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran abu sekam padi dan kapur terhadap nilai kuat geser dan kuat tekan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan sifat tanah. Pada pengujian ini tanah yang di uji berasal dari Desa Bajayau kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pengujian dilakukan dengan penambahan abu sekam padi dan kapur dengan proporsi 0%, 15% dan 0%, 5%, 15%, 25% dengan pengujian menggunakan SNI dan ASTM. Untuk mengetahui pengaruh pencampuran tanah lempung dengan abu sekam padi dan kapur terhadap nilai kuat geser dan kuat tekan , maka dilakukan penelitian dengan membuat variasi campuran sebesar abu sekam padi 0%, 15% dan kapur 0%, 5%, 15%, 25%. Dari hasil pengujian didapatkan peningkatan nilai kuat geser maksimum sebesar 51,783 kg/cm² dan penurunan nilai kohesi sebesar 0,235 kg/cm² pada campuran abu sekam padi 15% dan kapur 5%. Hasil pengujian kuat tekan didapatkan peningkatan nilai kuat tekan sebesar 1,224 kg/cm² pada pencampuran abu sekam padi 15% dan kapur 15%. Semakin besar kadar campuran yang ditambahkan maka semakin menurun nilai kohesi tanah tersebut, dan sudut geser akan menjadi semakin meningkat dipencampuran abu sekam padi 15% dan kapur 5%. Sedangkan nilai kuat tekan terus meningkat sampai dipencampuran abu sekam padi 15% dan kapur 15%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanah lempung, Abu Sekam Padi, Kapur, Kuat Geser, Kuat Tekan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Annisa Aulia
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:16
Last Modified: 13 Feb 2023 03:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15258

Actions (login required)

View Item View Item