ANALISIS YURIDIS TERHADAP SANKSI BAGI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN YANG MENGEDARKAN NARKOTIKA MENURUT PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 94 TAHUN 2021 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL

Pahmi, Nasril (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP SANKSI BAGI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN YANG MENGEDARKAN NARKOTIKA MENURUT PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 94 TAHUN 2021 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK NASRIL PAHMI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
ORISINALITAS NASRIL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PENGESAHAN NASRIL.pdf

Download (119kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui tentang klasifikasi penyalahgunaan wewenang oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan yang mengedarkan narkotika dan mengetahui sanksi hukuman disiplin bagi petugas Lembaga Pemasyarakatan yang mengedarkan narkotika menurut Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana klasifikasi penyalahgunaan wewenang oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan yang mengedarkan narkotika dan apakah sanksi hukuman disiplin bagi petugas Lembaga Pemasyarakatan yang mengedarkan narkotika menurut Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe hukum normatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh (1) Klasifikasi penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh petugas lembaga pemasyarakatan terhadap peredaran narkotika yang terjadi di LAPAS pada hakikatnya adalah seorang petugas lapas memiliki sebuah kewajiban yang harus dijalankannya didalam lapas. (2) Sanksi hukuman disiplin bagi petugas Lembaga Pemasyarakatan yang mengedarkan narkotika menurut Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah berupa sanksi disiplin dan administratif yang lebih ringan dibandingkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 yaitu Pemberhentian Dengan Hormat Tidak Atas Permintaan Sendiri. Dimana masih ada celah Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil bagi penyalahguna yang berstatus PNS untuk mendapat tunjangan Pensiun jika memenuhi kriteria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Narkoba, Penyalahgunaan, Petugas Lapas, PNS
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nasril Pahmi
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:25
Last Modified: 13 Feb 2023 05:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item